Total Kemacetan

Jumat, 18 Maret 2011

Kebun Binatang Bandung

"Masa sih ke kebun binatang?".
"Kaya anak kecil saja".
"Mau mengunjungi saudara tua, ya?"....

Kata-kata itu yang biasanya terlontar saat ajakan ke kebun binatang. Kalau yang punya anak sih gak masalah ke kebun binatang, anak nya senang orang tuapun ikut riang. Selainnya itu, kalau gak ada alasan khusus (menulis laporan, pacaran...ups,nongkrong,iseng, dll) sepertinya malas mengunjungi tempat wisata ini.

Kebun binatang Bandung terletak di Jl. Tamansari (bersebrangan dengan kampus ITB), biasanya dikenal dengan nama Derenten. Untuk masuk ke sini cukup merogoh saku Rp 11.000 saja, murah kan?

Saat memasuki pintu masuk, sudah berdiri penjaga pemeriksa karcis yang gagah dan ramah dengan menggunakan seragam dan berdasi. Kemudian kita akan disambut oleh sekelompok rusa bawean, zebra, kuda, dan sebagainya (maaf  nama binatang tidak dapat saya sebut satu persatu dikarenakan memori yang terbatas).

Rimbunnya pepohonan membuat kita nyaman berjalan-jalan menyusuri setiap kandang binatang, tapi menjadi tidak nyaman saat kita mencium bau kotoran hewan.

Setelah sekian lama tidak kesini, ternyata kebun binatang Bandung mengalami renovasi yang cukup besar. Ada sebuah panggung terbuka didirikan, beberapa kandang yang dipindah (jangan tanyakan saya kandang apakah itu), dan WC (ini fasilitas penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak).

Beberapa hewan langka masih sempat saya saksikan seperti harimau Sumatera, Elang Jawa, Kus-kus, Merak, Orang Utan, Rusa Bawean, Kakatua, Buaya Muara,Kancil, Banteng, dll.  Entah...binatang-binatang langka tersebut masih bisa dilihat oleh generasi selanjutnya. Apakah generasi selanjutnya peduli dengan populasi mereka yang semakin tergeser oleh pemukiman.


Jadi, gak ada salahnya kan ke kebun binatang ... untuk menambah wawasan kita tentang jenis-jenis fauna dan juga bisa tahu yang mana hewan langka dengan status rawan, terancam, dan punah sehingga kita bisa lebih cermat dalam memilih hewan peliharaan dengan kata lain tidak memelihara satwa yang dilindungi UU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar