Total Kemacetan

Senin, 14 Maret 2011

Batu Cave, Pesona Sebuah Gua

Batu Cave sebuah tempat beribadah bagi umat Hindu yang terletak di Selangor, Malaysia. Yang menjadi ciri khas tempat wisata ini adalah sebuah patung dewa Murugan berukuran raksasa  yang tingginya sekitar 43 meter. Nama Batu Cave berasal dari nama Sungai Batu yang mengalir melalui bukit pada masa lalu. Batu Cave juga merupakan nama desa terdekat.



Saat memasuki kawasan Batu Cave akan tercium bau dupa yang menyengat (namanya juga tempat ibadah Hindu). Bagi yang hidungnya sensitif bau tersebut membuat gak nyaman, tapi bagi saya aman-aman saja, karena sudah di switch to automatic smell. Kemudian kedatangan kita akan disambut oleh merpati yang berkeliaran bebas, demikian juga kotorannya.

Di belakang patung terdapat 272 anak tangga yang menuju kuil-kuil di dalam gua. Saya tidak sempat melihat kedalam gua karena cuaca mendadak mendung sehingga harus segera turun karena sudah dipanggil rombongan (nyali ciut saat rombongan memanggil, serem juga ditinggal rombongan). Di tangga ini juga banyak monyet berkeliaran, tentunya itu bukan nenek moyang saya, yang mengakui monyet sebagai nenek moyang kan cuma Darwin dan pengikutnya.


 
Katanya, orang Hindu yang keinginannya mau terkabul harus turun-naik tangga ini sambil membawa beban di kepalanya (lupa...harus bawa apa ya... *jedotin kepala*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar